Cari Properti Idaman Anda

Berita

Gaji Pas-pasan Bukan Alasan Tidak Bisa Beli Rumah!

Berapa gajimu? Masih kurang? Kalau perasaan ‘kurang” itu kamu pelihara terus, maka memang tak akan pernah hadir rasa “cukup”. Gak percaya? Coba tanya pada mereka yang sudah berpengalaman di dunia kerja dan punya pengalaman naik gaji beberapa kali, pada saat gaji berapakah mereka merasa cukup?

 

Kemungkinan besar jawabannya tak ada. Kok bisa gitu? Ya, sebab begitu gaji naik, pengeluaran pun naik seiring dengan gaya hidup yang juga menanjak.

 

Perencana keuangan sering mengatakan bahwa berapa pun penghasilan kita, pasti cukuplah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi, akan selalu kurang kalau untuk memenuhi gaya hidup.

 

Coba perhatikan, ada lho orang yang punya aset triliunan rupiah, tapi tetap sederhana. Dia merasa cukup dengan mobil seharga Rp200 jutaan. Tapi, ada juga orang yang bergaji puluhan juta, tapi memilih mobil yang harganya miliaran rupiah. Gaya hidup memang keinginan, bukan kebutuhan.

 

Nah, coba tinjau lagi berapa gajimu dan apakah kamu mengedepankan keinginan atau kebutuhan? Kalau pengeluaran kamu selalu kedodoran, berarti mungkin kamu kebanyakan ‘gaya’.

 

Wajar dong kalau untuk rumah atau kendaraan kamu mencicil, karena dua kebutuhan itu butuh dana besar untuk membelinya secara tunai. Tapi, mengapa pula ada cicilan kartu kredit, gadget, barang elektronik, sampai cicilan panci yang tak pernah selesai-selesai?

 

Cicilan ini-itu yang tak berkesudahan pada gilirannya akan menghambat kamu untuk mencicil rumah. Pihak bank tak akan meloloskan permohonan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kamu kalau kamu masih banyak cicilan utang yang lain.

 

Standar kebutuhan hidup masing-masing orang memang berbeda, tentunya sesuai dengan besar pendapatannya. Namun, bisa ada kesamaannya lho, yakni siapa pun bisa menunda keinginan sesuai dengan tujuan keuangan yang ingin dicapainya.

 

Pada dasarnya, kata pakar perencanaan keuangan, setiap orang bisa mengelola pendapatannya sendiri. Berapa pun gajimu, kamu bisa mengelolanya agar tetap ada yang ditabung, maksimal 30% dari pendapatanmu.

 

Kalau kamu bergaji Rp5 juta, tapi menginginkan gaya hidup orang yang bergaji Rp10, 20, bahkan 50 juta. Wah, memang kebutuhan untuk mencicil KPR tinggal isapan jempol saja!

 

 

Sumber: Gaji Berapa pun Cukup Kok untuk Mencicil KPR, Asal Kamu Ga Banyak Gaya!
https://artikel.rumah123.com/gaji-berapa-pun-cukup-kok-untuk-mencicil-kpr-asal-kamu-ga-banyak-gaya-38355

Share

Komentar